.post-body.entry-content {text-align: justify;}

Sunday, September 25, 2011

MANFAAT DAN KHASIAT AIR TEBU




Pada awalnya saya tidak percaya manfaat atau khasiat air tebu (sari tebu) bagi penderita penyakit kolesterol tinggi, ataupun penyakit lain seperti diabetes. Saya berpikir, masa sich dengan minum air tebu bisa menurunkan kadar kolesterol dalam darah, secara khan air tebu manis karena banyak mengandung gula, apalagi beberapa penderita penyakit lain (seperti diabetes) harus banyak mengurangi asupan gula dalam makanannya.Apakah tidak berbahaya jika minum terlalu sering.

Ternyata kandungan air tebu itu berbeda dengan gula pasir. Walaupun gula pasir berasal dari tebu.


Hambat Plak
Tebu mengandung senyawa octacosanol sejenis alcohol rantai panjang yang mampu menurunkan kadar kolesterol dalm darah. Octacosanol juga menghambat penumpukan plak pada dinding pembuluh, bahkan ia perlindungan terhadap oksidasi protein darah.

Menurut hasil riset National center for scientific Research Havana Kuba. Octacosanol menekan sintesa kolesterol yang diproduksi di dalam hati. Hal ini terlihat dari adanya pengaturan enzim reductase HMG-CoA--Enzim yang membatasi laju sintesa kolesterol. Pengamatan jangka panjang terhadap konsumsi octacosanol membuktikan senyawa itu dapat menurunkan dan mengontrol kadar kolesterol darah tanpa efek samping.

Pasien diabetespun aman mengkonsumsi tebu. Sebab, pemberian policasanol 10 mg per hari menunjukkan penurunan total kolesterol 17,5% dan DDL-kolesterol 21,8% namun tidak terjadi peningkatan pada kadar glukosa atau glikemik darah. Malah kadar HDL –Kolesterol meningkat 11,3%.

AntiDiabetes
Menurut dr. C.J. Soegiharjo Apt. dari fakultas Farmasi Universitas Gajah Mada Yogyakarta, air perasan tebu memiliki efek anti diabetic. “Bila diminum Ia mampu mengatasi diabetes”paparnya ketika ia ditemui TRUBUS. Air tebu mengandung sakaran, senyawa anti diabetik. Sayangnya dalam pengolahan menjadi gula pasir, senyawa itu hilang saat proses pemanasan. Yang bertahan justru sakarosa, senyawa pencetus diabetes. Inilah yang membedakan air tebu dengan gula pasir.

Kandungan karbohidrat dalam tebu yang cukup banyak juga ternyata dapat bermanfaat baik untuk menjaga kesehatan otak , jantung, ginjal dan mata. Tentunya jika di konsumsi dalam bentuk segar alias belum di olah menjadi gula. Karena gula walaupun berbahan asal dari tebu jika di konsumsi terlalu banyak akan menyebabkan diabetes.

Tebu juga mengandung asam lemak yang memiliki efek anti radang dan analgetik. Ini dibuktikan dengan pemberian suatu campuran asam lemak yang diisolasi dari tebu kepada tikus. Tikus yang kesakitan setelah diletakkan diatas piring panas dan diberi asam asetat, menjadi tenang setelah minum larutan itu.

Secara tradisional masyarakat memang sudah memanfaatkan tebu sebagai antiracun, antiseptic, pengencer dahak dan obat lambung. Bahkan ia juga dipakai untuk mengobati kangker paru-paru, beberapa tumor, dan menyembuhkan luka. Gula tebu juga digunakan untuk pengobatan gonore dan gangguan vagina. Ampas tebu dipakai untuk menutup luka dan membalut patah tulang. Di India jus tebu menjadi obat untuk tumor dbagian perut. Jadi manfaat tebu tak hanya sebatas untuk bahan baku gula pasir saja.

Namun yang tak kalah perlu kita perhatikan adalah kebersihan tebu itu sendiri.

Beberapa manfaat si manis tebu ini :

1. Melawan Kanker Payudara
Tebu mempunyai sifat alkali yang bisa membantu melawan kanker payudara dan prostat.
Caranya : Konsumsi secara periodik air tebu murni.

2. Menguatkan Gigi dan gusi
Caranya : Minum air tebu murni yang telah di beri air jeruk nipis dan garam secukupnya. Hal ini dapat membantu menguatkan gigi dan gusi.

3. Mengobati Mimisan
Caranya : Potong - potong bagian tebu yang paling ujung ( puncaknya ) secukupnya dan rebus dengan air secukupnya hingga mendidih. Tambahkan sedikit garam dan gula jawa. Setelah dingin saring dan minum airnya.

4. Mengobati Masuk Angin
Caranya : Rebus 3 helai daun tebu dengan air secukupnya hingga mendidih, setelah dingin saring dan minum airnya 3 kali sehari.

5. Mencegah Stroke
Dengan mengkonsumsi air tebu secara teratur dapat membantu menjaga metabolisme tubuh akibat kekurangan cairan karena kegiatan yang kita lakukan, sehingga bisa membantu menghindari stroke.

6. Meredakan jantung Berdebar
Caranya : Rebus 3 genggam akar tebu hitam dengan 2 gelas air sampai tersisa setengahnya. Setelah dingin saring dan minum 2 kali sehari.

7. Meredakan Panas Tubuh
Caranya : Minum air perasan tebu hitam secukupnya, air tebu hitam dapat membantu menurunkan suhu badan kita.

8. Mengobati Batuk
Caranya : Peras 5 ruas tebu hitam dan minum airnya.

Diolah dari berbagai sumber

29 comments:

  1. sangat bermanfaat ya tebu yang manis ini bisa juga untuk menurunkan kadar kolesterol dalm darah

    ReplyDelete
  2. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya bahkan menyarankan penggunaan gula tebu ditambahkan 2% untuk booster proses fermentasi dalam sari buah mengkudu, untuk para penderita diabet, ternyata tidak mempengaruhi penambahan kadar gula dalam darah, karena penderita diabet juga memerlukan gula dalam dosis rendah.
      Terima kasih atas artikel anda.

      Delete
    2. term ksh banyak ats imformasi ny semoga membawa memfaat bwat kita.. amin ya allalh ..semoga allah memberkatinya bwat org yg telah menyebar kan impormasi ini

      Delete
  3. wah ternyata banyak manfaat dari air tebu,,,,

    ReplyDelete
  4. air tebu bisa mengatasi diabetes juga, makasih infonya.

    ReplyDelete
  5. mau tanya sumbernya dari mana aja ya?

    ReplyDelete
  6. terimakasih infonya sangat bagus sekali.

    ReplyDelete
  7. nurista indra juwitaJuly 13, 2013 at 9:22 AM

    wow!.. suka banget makan tebu langsung dr batangx..dah tradisi tiap panen tiba :)

    ReplyDelete
  8. wah hebat banget kasiat air tebu masalahnya saya hobby banget
    minum air tebu terus kalau dicampur es boleh gak tlg jawaban nya pentiiiiing thx

    ReplyDelete
  9. Puji Tuhan rupanya selama ini sy konsumsi air tebu bermafaat untuk penyakit sy,trims ats infonya

    ReplyDelete
  10. terimakasih infonya sangat bagus bos.

    ReplyDelete
  11. Sangat bermanfaat sekali buat aq, terimakasih gan infonya.

    ReplyDelete
  12. tapi , ada oknum pedagang yang tak bertanggung jwb, seperti pedagang es tebu di pinggir jalan, biasanya di kasih gula pasir dan air. gk tmbh sembuh mlh tmbh skit karena ada gula pasirnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehehehehehheh... biasa to org cari makan ..biasa ny org gto org yg belum ckup duet ....maka ny berhindar lah dr ke miskinan

      Delete
  13. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  14. terima kasih infonya ya,
    tpi kn tidak semua pedgang d pinggir jalan gtu, mlhan klw pakai gula rugilah dy, n lw pkai sari manis pastinya berdosa. :)

    ReplyDelete
  15. terima kasih infonya ya air tebu gulanya ya titip ya

    ReplyDelete
  16. Ehmm...penyakit kencing manis ni dan lain-lain penyakit kronik banyak menyerang mereka yang tidak mengamalkan cara pemakanan seimbang. Dalam dunia serba moden dan rutin seharian yang sibuk menjadikan manusia kurang mengambil kisah tentang makanan dan minuman yang masuk ke dalam badan mereka. Kebanyakan makanan dan minuman yang diambil oleh seseorang banyak mengandungi asid. Banyakkanlah makan dan minum sesuatu yang tinggi kadar alkalinya.

    ReplyDelete
  17. Maaf jika di rebus lama kandungan hilang gak ya

    ReplyDelete
  18. sari tebu memang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, tetapi sepertinya tidak boleh dikonsumsi secara berlebih oleh orang dengan diabetes.

    ReplyDelete
  19. INFO MENARIK, ... Terimakasih...

    ReplyDelete
  20. Manfaat Tersembunyi pohon tebu Yang Belum Di Ketahui
    Agen Sbobet

    ReplyDelete
  21. Thank's ya gans buat infonya sangat informatif

    ReplyDelete
  22. high levels of air pollution in the world is very disturbing forms of life on earth and the more the vehicles such as motorcycles and cars sanga
    poker88

    ReplyDelete