.post-body.entry-content {text-align: justify;}

Sunday, February 8, 2009

Jagoanku bertangan kidal



Ini tentang jagoan keduaku, Hakim (2,5 tahun). Kidal biasanya diartikan orang yang biasanya dominan menggunakan tangan kirinya untuk beraktivitas. Yap, Hakim memang bertangan kidal. Sejak ia bisa memegang sesuatu (saya lupa umur berapa persisnya), ia sudah menunjukkan orientasi penggunaan tangan kirinya. Hingga sekarang tangan kirinya emang lebih dominan. Baik ketika ia memegang pinsil untuk menulis, mengambil barang, melempar mainan, bermain bulutangkis, ia selalu menggunakan tangan kirinya. Pun ketika bermain sepakbola, ia menendang bola dengan kaki kirinya.

Saya sih sebenarnya ga masalah dengan kondisi tersebut. (kecuali untuk makan saya biasanya mengarahkan agar selalu menggunakan tangan kanan. Sebab karena lupa atau apa, anak saya Hakim kerap masih menggunakan tangan kirinya untuk memegang sendok atau makan dengan tangan kirinya. Hal ini saya coba perlahan-lahan mengubah kebiasaannya tersebut.). Karena orang bertangan kidal punya kelebihan tersendiri. Bukankan tokoh dunia hebat sekarang, seperti Barrack Obama, atau Hillary Clinton bertangan kidal ? Pun dirut pertamina terpilih saat ini, Karen, juga ternyata kidal.

Menurut para pakar, masing-masing belahan otak kita mengatur mode pikiran yang berbeda. Hipotesa ini disebarluarkan oleh Roger Sperry, pemenang Hadiah Nobel pada 1981. Mode-mode itu secara garis besar terbagi dua: Otak kiri berperan dalam mengasah logika, berpikir secara berurutan, rasional, analitis, obyektif dan parsial. Sementara otak kanan berperan membentuk intuisi, berpikir acak, holistik, sintesis, subyektif dan menyeluruh.

Tangan kiri bekerja atas perintah otak kanan, sehingga orang-orang kidal tidak terlalu kerepotan dalam mengasah otak kanannya. “Ini tentunya berita buruk bagi mereka yang tidak dianugrahi tangan kidal, karena berarti mereka tidak memiliki dominasi otak-kanan,” ujar Mathias Konradson.

Brunt mengutip sebuah rumor, mungkin juga mitos, bahwa ada yang percaya orang kidal lebih pintar ketimbang orang kanan. “Orang bertangan kanan hanya menggunakan satu belahan otaknya, sedangkan orang kidal menggunakan keduanya — bahkan untuk tugas sepele seperti memungut pensil.”

Apapun adanya, saya tetap memandang bertangan kidal merupakan anugerah dan punya kelebihan tersendiri....

1 comment: